Tuesday, February 3, 2015

Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6

Efek bias pelangi pada foto memang salah satu hal unik, maka dari itu dalam kesempatan ini Saya akan mengangkat tutorial mengenai bagaimana Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6, Efek bias pelangi dalam tutorial kali ini bisa di terapkan sesuai keinginan sobat editers, baik secara vertikal, horizontal dan lainnya, akan tetapi dalam tutorial ini saya sengaja membuat efek bias pelangi secara horizontal.

Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6

Banyak sekali pertanyaan muncul dari sahabat sahabat editers yang kami terima, salah satunya pertanyaan bagaimana membuat efek bias pelangi hanya pada area yang kita inginkan, tidak pada semua gambar, caranya sangat mudah hanya dengan photoshop kita bisa melakukan editing dengan efek bias pelangi sesuai keinginan kita. Jadi bagaimana Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6 ? ikuti dan simak tutorial dibawah ini dengan baik dan benar.

Pertama tentunya kita harus sudah siapkan gambar yang akan kita proses, buka gambar tersebut di aplikasi Photoshop CS6, kebetulan saya menggunakan versi CS6, untuk versi lainnya saya rasa bisa dicoba dan saya yakin tidak jauh berbeda. Selanjutnya lakukan duplicate pada layer background, dengan cara pilih menu Layer dan klik Duplicate Layer.

Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6 SS1

Sekarang bekerja pada Layer yang sudah kita duplicate, kita pilih Gradient tool, dan pilih dengan mode pelangi atau rainbow, dengan inilah kita akan memulai proses pewarnaan sesuai warna pada pelangi.

Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6 SS2

Tari garis seperti Screen Shoot dibawah ini, secara otomatis objek gambar akan diberi warna sesuai dengan komposisi warna pelangi.

Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6 SS3

Langkah selanjutnya hampir selesai, yaitu buat mask pada layer Background Copy, untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat gambar dibawah ini.

Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6 SS4

Selanjutnya adalah melakukan seleksi pada area yang kita tidak inginkan untuk berubah warna, atau dengan kata lain kita kembalikan pada warna semula, yaitu gunakan Brush tool dan tetap gunakan warna hitam untuk brush. Lakukan Brush pada area tertentu, di sini saya melakukannya pada objek gambar gadis yang ada dalam foto tersebut.

Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6 SS5

Langkah akhir lakukan Flatten pada layer, dan simpan dengan format yang kamu inginkan. Selesai.

Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6 SS6

Hasil dari proses tersebut kurang lebih akan terlihat seperti ini, bagaimana sobat editers ? sangat menarik bukan ? dengan memberi Efek Bias Pelangi pada foto akan menambah keindahan dan membuat foto menjadi full colour.

Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6 Perbandingan

Demikian tutorial mengenai Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6 yang bisa saya bagikan dan informasikan kepada sobat editers, semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan didunia editing bersama edit foto tutorial blog, baca juga beragam efek dan tutorial menarik lainnya, selamat mencoba dan semoga berhasil!.

Cara Membuat Efek Foto Bias Pelangi dengan Photoshop CS6 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: arbi

6 comments:

  1. Keren gan. ane juga lagi belajar photoshop ni

    ReplyDelete
  2. Ternyata mudah banget gan. Kayanya blog kamu bisa jd referensi saya

    ReplyDelete
  3. whihihi indah bner mas
    dan ternyata bisa dipelajari, dan gk trlalu sulit

    ReplyDelete
  4. boleh dicoba nih tutorial.
    nice gan

    ReplyDelete
  5. tak coba dulu ya gan :p
    gan mau minta saran soalnya saya buat blog tapi bingung cara natanya, kunjungi baguspambudi98.blogspot.co.id makasih

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di Edit Foto Tutorial

Silahkan berkomentar dengan sopan, baik, dan benar.